Citelang

Citelang

Citelang Ujung Kulon

 

 

 

Video
 

Nyiur

NyiurJangan mengaku anak pantai jika belum pernah mengunjungi Nyiur Ujung Kulon. Jangan mengaku Beach Boy jika belum pernah merasakan dihantam ombak di Nyiur Ujung Kulon.

Kami menantang anda untuk bersama mengunjungi Nyiur menikmati dan menaklukan deburan ombak di Nyiur Ujung Kulon.

Ayo siapkan peralatan trekking anda kita bersama-sama pergi ke Nyiur menantang ombak yang menghadang.

Video
 

Karang Copong

Karang Copong

Untuk mencapai Pantai Karang Copong, kita harus melewati hutan lindung Taman Nasional Ujung Kulon. Di dalam hutan lindung ini terdapat berbagai macam satwa lindung seperti Kijang, Badak bercula satu yang sudah amat sangat langka dan beberapa satwa lindung lainnya. Sebelum memasuki hutan lindung ini, kami diwajibkan untuk meminum obat malaria dan memakai lotion anti nyamuk untuk melindungi kita dari gigitan nyamuk malaria yang terdapat di hutan lindung tersebut.

Video
 

Nyawaan

NyawaanNyawaan Ujung Kulon berada pada sisi bagian utara Ujung Kulon. Nyawaan adalah merupakan tempat yang tepat buat anda menyukai pemadandangan bawah laut dengan cara menyelam.

Anda bisa menyaksikan karang dibawah laut dengan ribuan pesona keindahan alam bawah laut yang masih perawan hanya di Nyawaan Ujung Kulon

Siapkan peralatan menyelam dan lengkapi dengan kamera kedap air untuk mengabadikan keindahan panorama alam bawah laut di Nyawaan Ujung Kulon.

 

Video
 

Kelapa Beureum

Kelapa BereumKelapa Beureum

 

 

 

Video
 

Kalejetan

Kalejetan

Di Kalejetan terdapat sebuah bangunan pos jagawana yang berada beberapa meter dari pantai di sudut barat padang rumput yang sudah ditumbuhi semak belukar.

Di pos jagawana yang sayangnya sudah tidak terawat ini kita dapat makan siang sambil melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan menuju Karangranjang.

Pemandangan di pantai Kalejetan yang berpasir putih di seberang muara dengan deburan ombak laut selatan yang garang juga lumayan cantik untuk diabadikan.

Video
 

Dermaga

Dermaga

Saat itu dermaga Taman Jaya sangat gelap, karena tidak dilengkapi lampu penerangan. Beruntung saat itu sedang bulan purnama, sehingga mampu menyinari dikegelapan malam dermaga meskipun masih agak remang-remang. Semua perbekalan di naikan ke kapal, dan berangkatlah kami bersama 2 ABK dan 1 orang captain kapal, menuju Pulau Peucang. Ah, senangnya ...

Dermaga taman jaya, sebuah dermaga keberangkatan menuju pulau Peucang, Ujung Kulon. Tidak banyak orang karena memang kawasan taman nasional ujung kulon belum begitu ter-ekspose.

 

Video
 

Jamang Ujung Kulon

JamangDI Jamang terdapat menara yang berdiri tepat diatas karang menghadap kelaut. Diatas menara terdapat patung badak bercula satu sebagai simbol propinsi Banten.

 

Video
 

Pulau Jangkar

Pulau JangkarSetelah berjalan selama 15 menit dari kalajetan menelusuri pantai kami menemukan jangkar kapal yang tertancap dikarang berjarak 23 m dari bibir pantai.

Jangkat itu tidak ada yang mengetahui asal usulnya, tinggi 1.8 m dan lebar 2 m jika kita membayangkan zaman dahulu kapal cukup besar bersandar 100 m menjorok ke pantai dari posisi sekarang berarti tinggi air saat ini sudah turun. Misteri ini biar tetap menjadi cerita bagi anak cucu kita yang mungkin dapat terungkap.

 

Video
 

Pulau Peucang

Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini.

Asal nama

Dinamakan peucang mengambil nama dari sejenis siput yang sering ditemukan di pantainya. Penduduk setempat biasa menyebutnya "mata peucang". "Peucang" juga adalah istilah dalam Bahasa Sunda untuk menyebut kancil.

Video
 

Pulau Handeleum

Pulau Handaleum

Pulau Handeuleum merupakan pulau terbesar di antara gugusan pulau-pulau karang di teluk Selamat Datang Banten di sebelah timur laut semenanjung Ujung Kulon.

Untuk mencapai Pulau Handaleum kita harus melalui perjalanan laut menyusuri pantai yang memiliki ombak dengan arus lemah sampai sedang sangat bisa untuk dinikmati bagi kita semua.

Pulau Handaleum berdekatan dengan Pulau-pulau lainnya yang ada disisi barat ujung Kulon dan tergolong pulau yang memiliki keindahan pantai yang exotis.

 

Video
 

Pulau Badul

Pulau BadulPulau Badul berukuran seluas 2 x lapangan basket saja dan ditumbuhi sedikit pepohonan, berpasir putih halus, karang, kerang dan banyak semut merah.

Pulau Badul cocok untuk berkemah jika angin tidak bertiup kencang dan laut sedang tenang. Untuk mencapai kesini harus berenang sejauh 30 m, lebuh aman menggunakan pelampung dan tali. Tempat ini juga cocok untuk menikmati sunset, bermain pasir dan berjemur ditemani dengan minuman soda dingin.

 

Video
 

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan

Panaitan, adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Laut Jawa, dekat Ujung Kulon. Antara Pulau Panaitan dan Pulau Jawa dibatasi oleh Selat Panaitan. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten.

Bukit-bukit di Panaitan diselimuti oleh hutan dan berbagai macam hewan liar, seperti rusa, babi hutan, monyet, ular phyton dan burung-burung. Beberapa jenis buaya air tawar dan kadal raksasa juga bisa ditemui disini. Salah satu bukit tinggi dikenal sebagai Gunung Raksaa, dimana ditemui patung-patung Hindu purba di puncaknya.

Video
 

Shangyang Sirah

Shangyang SirahShangyang Sirah adalah tempat tentraman dasi sisi lahir maupun bathin yang pernah kami kunjungi. Tidur nyenyak merasa aman, suasana tenang, tidak panas, tidak diganggu serangga, hawa sejuk, sayup-sayup terdengar suara deburan ombak.

Air bersin tersedia melimpah dekelilingi oleh tebing curam dan tiga buah batu karang tinggi menjulang di laut seperti sebuah gerbang masuk hingga tidak heran tempat ini dijadikan tempat ziarah yang dikunjungi penziarah dari seluruh Indonesia.

Video
 

Taman Jaya

Taman Jaya

Desa Taman Jaya berada di Paling Ujung Barat Pulau Jawa, desa yang berbatasan langsung dengan Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon ini, berpenduduk kurang lebih 200 KK, sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai Petani dan Nelayan.

obyek wisata menarik di desa Taman Jaya misalnya berkunjung ke Kampung Makassar, trekking ke Air Panas Cibiuk, atau berkeliling kampung-kampung di desa Taman Jaya.

Video
 

Tanjung Layar

Tanjung LayarTanjung LayarTanjung Layar berguna sebagai penunjuk arah bagi kapal-kaoal yang akan memasuki selat sunda. Mercusuar pertama yang dibangun tahun 1800 terbuat dari batu asli. Tahun 1880 bagian atas mengalami kerusakan akibat gempa bumi. Sesudah Gunung Krakatau meletus tahun 1883 dan sebagian besar dasar yang bundar sekarang menjadi tempat tangki air besar.

Mercusuar kedua dibangun dari konstruksi baja, dilengkapi daengan lampu gas dan dengan ketinggian 24 m Mercusuar yang ada sekarang dibangun tahun 1972 dengan tinggi 40 m.

 

Video
 

Cibom

CibomCibom merupakan daerah yang memiliki nilai hostoris yang cukup tinggi. Tepatnya pada masa permulaan penjajahahan Kolonial Belanda sekitar tahun 1908. Pada tahun tersebut akan dibangun sebuah dermaga besar dipesisir pantai . Pada masa itu Cibom di tujukan untuk tempat berlabuh para kapal besar menuju pulau Jawa.

Namun project Hinida Belanda ini tidak dapat dilanjutkan karena banyak pekerja menderita sakit hingga meningga Dan Sampai saat ini kita masih dapat melihat sisa besi-besi pancang besar yang menyembul dari dasar laut untuk membangun sebuah dermaga.

Video
 

Muara Cigenter

Muara Cigenter

Perahu kayu kecil dan dayung digunakan untuk menyusuri sungai lebih ke dalam. Jika beruntung dapat menemukan buaya, biawak, ular phyton, banteng, burung rangkong, bahkan badak sedang minum atau menyebrangi sungai.

Suasana hening mencekam, terlihat sesekali buaya yang naik kedarat maupun turun ke sungai. Ular dan biawak bergelantungan di atas pohon. Ditepi sungai akar pohon terlihat membentuk goa-goa.

Gerombolan ikan terlihat disekitar perahu. Terkadang kita harus menunduk untuk menghindari batang kayu.

Video
 

Cilintang

Cilintang

Kepiting David berwarna merah hitam dengancapit besar melebihi badan yang digerakan terus menerus, muara sungai Cilintang dengan jembatan bambu menggantung, banyak buaya dan berakhir di pos jaga Cilintang.

Di Pos ini baru dibangun pondasi pertama untuk pemagaran sepanjang 23km yang memisahkan antara habitat satwa dengan penduduk. Program Javan Rhino study and Conservation Area (JRSCA)

Video
 

Cisimpring

Cisimpring

Cisimpring nama tersebut diambil dari simpring yang banyak ditemukan disana. Jika laut sedang surut maka menjadi lumpur.

Menyebrangi muara sungai berlumpur sejauh 100m dengan tinggi air selutut.

Banyak terlihat pohon Bakau yang terangkat oleh akarnya karena air sedang surut dan banyak tunas pohon bakau yang sedang tumbuh.

Kita dapat mengexplor hal-hal yang banyak terdapat di Cisimpring dan menjadikannya sebagai cerita kepada rekan disekitar anda.

 

 

Video
 

Ciramea

Ciramea

Ciramea adalah tempat yang sangat exotis. Hamparan pasir putih dideru ombak terhalang oleh gugusan karang. Dilangit tampak burung camar berterbangan, kapal-kapaltanker terlihat dari kejauhan, rimbunan pohon sepanjang pantai, batang pohon besar melintang, ikan-ikan kecil yang terkurung di karang.

Sebelum tiba di Kelapa Beureum, pantau ditutupi oleh batu-batu koral sebesar kepalan tangan. Kondisi yang menimbulkan rasa penasaran karena biasanya batu sejenis ini berada di daerah gunung berapi. Fenomena bisa dijelaskan secara ilmiah.

Video
 

Bagan

Bagan

Konstruksi bambu terapung berbentuk segitiga yang banyak terdapat di teluk Selamat Datang. Ada yang diberi drum sebagai pelampung, ada juga konstuksi yang dipancang kedasar laut digunakan untuk menangkap ikan ataupun cumi.

Tekniknya, pada malam hari dinyalakan lampu sebagai penarik perhatian binatang laut kemudian jaring diangkat dari dasar laut untuk mengangkat tangkapan.

Sementara kita menunggu di tepi pantai bersama api unggun menyiapkan bara untuk memanggang hasil tangkapan. Sepanci kopi panas teman setia sampai subuh menjelang.

Video
 

Padang Penggembalaan Cidaon

Cidaon

Cidaon merupakan padang penggembalaan, Terdapat padang rumput yang kerap digunakan satwa untuk berkumpul dan mencari makan pada waktu-waktu tertentu. Sampai saat ini padang penggembalaan cidaon merupakan tempat tujuan wisata favorit yang sering dikunjungi baik oleh wisatawan mancanegara maupun nusantara.
Padang penggembalaan dengan luas kurang lebih 4 ha ini menyajikan pemandangan nan exotic. Anda dapat melihat atraksi banteng, merak, kera ekor panjang, ayam hutan, babi hutan dan satwa langka lainnya yang menyatu dengan pemandangan alam yang juga sensasional.

Video
 

Cibunar

Cibunar

Terdapat padang savana yang luas sebagai tempat makan banteng-banteng liar pada pagi dan sore hari. Padang savana lebih tinggi dari laut dan hanya dibatasi oleh bonglahan batu karang yang besar. Terdapat juga muara sungai yang rasa airnya tetap tawar dan dapat diminum walaupun hanya berjarak 10 m dari bibir pantai. Sisa bangunan pos penjaga hutan yang sudah hampir rubuh dapat dimanfaatkan untuk shelter camp.

Untuk yang belum pernah merasakah padang savana Cibunar adalah tempat yang pas untuk menjajakinya.

Kami antar anda ke Cibunar mengunjungi padang savana untuk rehat sejenak dan melanjutkan perjalanan ke tepian pantai.

 

Video
 

Gunung Payung

Gunung Payung

Gunung Payung Trekk terberat yang harus anda rasakan. Melintas jalan setapak di area perbukitan dan tebing. Mendaki dan menuruni bukit sebanyak sembilan kali. Wow! 5 dari 7 orang tim kami bergantian bertukar ransel agar sampai ke puncak. Tinggi puncaknya hanya 430 m tapi jika naik turun sembilan kali sama saja mendaki gunung 2000 m.

Tanjakan dan turunan disini sangat panjang dan curam berakhir di Sungai Cibunar. Hutan sangat lebat, licin, banyak pohon berduri, batang melintang, becek, lumpur dan akar. Beberapa dari tim kami terkena sengatan lebah shingga mengalami pembengkakan di dibagian yang tersengat.

Video
 

Muara Cikeusik

Muara Cikeusik

Muara Cikeusik adalah tempat paling berbahaya untuk dilewati apabila laut sedang pasang. Lebarnya 25 m, memiliki arus bawah yang kuat. Gelombang pantai selatan yang besar dan pada musim tertentu menjadi tempat buaya berkumpul pada musim kawin.

Untuk menyebrangi muara, Tali yang harus digunakan harus enam gulung tali webbing berukuran panjang masing-masing lima meter yang saling tersambung. Pada ujungnya diikatkan carabiner untuk memudahkan dalam memegang. Tas-tas ransel bawaan juga harus dibungkus plastik agar tidak basah karena tubuh kita terendam air sampai bahu.

Video
 

Citandahan

Citandahan

Citandahan rute sepanjang daerah pantai akan lebih mudah saat gelombang kecil, perjalanan pada daerah pasir basah dan melintasi sungai sebaiknya pada saat air laut surut.

Melewati karang besar yang licin dengan lambaian deburan ombak pada sisi kiri dan pohon berduri pada sisi kanan adalah bagian dari jalur Citandahan. Muara sungai Citandahan ini kita kewati hanya setinggi pinggang.

Dua paragraph diatas menggambarkan betapa extimnya perjalanan kita di Citandahan sebuah suasana menyenangkan untuk yang memiliki jiwa petualang.

Video
 

Cibendawoh

Cibendawoh

Cibendwoh adalah pertemuan antara hutan dan pantai. Yang menarik dari tempat ini adalah dimana terdapat sebuah karang yang mengeluarkan air jernih dan dapat langsung diminum sebelum jatuh ke pasir.

Banyak juga kepiting yang berlarian dari pantai ke air laut. Tempat burung bermain disini anda dapat menjaring ikan untuk menambah lauk makan. Anda dapat menikmati suasana romantis ini bersama orang yang anda kasihi.

Ingin merasakan Cibendawoh? Kami antar anda ke Cibendawoh hubungi kami sekarang juga.

 

Video
 

Krakatau

Krakatau

Pada tanggal 27 Agustus 1883 terjadi letusan besar dan menghancurkan sekitar 60% tubuh krakatau di bagian tengah sehingga terbentuk lubang kaldera dengan diameter +-7 KM dan menyisakan 3 pulau kecil yaitu Pulau Rakata, Pulau Sertung dan Pulau Panjang.

Kegiatan vulkanik di bawah permukaan laut terus berlangsung dan periode 1927 - 1929 muncul sebuah dinding kawah ke permukaan laut sebagai hasil erupsi. Pertumbuhan ini terus berlangsung membentuk pulau yang di sebut Anak Krakatau.

Itulah sepenggal cerita tentang Krakatau sebuah cerita yang membuat namanya mendunia dan menimbulkan rasa penasaran besar bagi pecinta trekking untuk menaklukannya.

Video
 

Air Terjun Cikajang

Air terjun cikajangLokasi Air Terjun Cikajang berada pada sisi selatan Ujung Kulon dan termasuk dalam kategori kawasan hutan yang masih asli.

Air Terjun Cikajang berada didalam kawasan hijau yang asri untuk mencapainya kita harus berjalan kaki sejauh 1 KM menelusuri jalan setapak, membelah pematang sawah dan menyebrangi sungai yang jernih (ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan untuk anda) barulah kita dapat menemukan Air Terjun Cikajang.

Air Terjun Cikajang memiliki ketinggian 10M yang dikelilingi bebatuan vulkanik yang membentuk sebuah kolam alami yang memiliki kedalaman 3M. Anda dapat mencapai puncak Air Terjun Cikajang dengan cara mendaki bebatuan terjal setinggi 10M.

Video
 
More Articles...
Page 1 of 2